Kamis, 28 September 2017

Profesi dan Profesionalisme (MATERI 2)

Profesi dan Profesionalisme (MATERI 2)

  Secara etimologi atau bahasa berdasarkan pendapat John M. Echols & Hassan Shadily profesi dari  kata profession yang berarti pekerjaan. Professional artinya orang yang ahli atau tenaga ahli. Professionalism artinya  sifat professional. Hal ini menandakan profesi dan profesionalisme sangat erat kaitannya dan bisa dikatakan profesi adalah kegiatan yang dilakukan sedangkan profesional adalah orang yang ahli melakukan kegiatan tersebut.

Pengertian Profesionalisme

       Profesi merupakan suatu pekerjaan atau jabatan yang dimiliki seseorang yang dibutuhkan oleh masyarakat atau konsumen berdasarkan keahlian dan ilmu pengetahuan yang dimiliki guna membantu atau menyelesaikan permasalahan yang ada sekitar masyarakat atau ruang lingkup pekerjaan. Profesionalisme dikaitkan dengan profesi, artinya seseorang yang memiliki kompetensi untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik dari jenis profesinya yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dari seorang pekerja. Profesionalisme merupakan suatu tindakan atau sikap yang memiliki nilai-nilai professional untuk bertanggung jawab terhadap profesi yang dimiliki.  Pada setiap profesi yang dimiliki oleh setiap orang, diharuskan memiliki beberapa kriteria agar dapat mewujudkan kinerja-kinerja yang professional dengan menerapkan komitmen dari setiap anggota dalam pekerjaannya. Berikut merupakan beberapa ciri-ciri profesionalisme yang penulis ketahui, diantaranya sebagai berikut:
1. Menjunjung tinggi kegiatan profesi dengan menjaga image profesi yang telah dijalankan guna mewujudkan perilaku seseoran agar dapat menyelesaikan permasalahan.
2. Menjaga sikap kepada siapapun agar dapat menjalin hubungan yang baik dengan individu lainnya.
3. Memiliki ilmu pengetahuan yang tinggi dan mampu mengaplikasikan ilmu tersebut.

Ciri-ciri dari seorang profesional dibidang Teknik secara umum

Sebelum membahas ciri-ciri profesional dibidang teknik terlebih dahulu kita harus mengetahui pengertian dari teknik (engineering) itu sendiri. 

Apa sih teknik itu ?

Menurut ABET (Accreditation Board for Engineering and Technology) teknik adalah suatu profesi dimana pengetahuan matematika dan ilmu- ilmu alam (natural sciences), yang diperoleh dengan studi, pengalaman  dan latihan, digunakan secara bijaksana untuk mengembangkan cara-cara memanfaatkan bahan-bahan dan sumber-sumber daya alam, secara ekonomis untuk kesejahteraan manusia.


  • Izin khusus untuk menjalankan suatu profesi. Setiap profesi akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat, dimana nilai-nilai kemanusiaan berupa keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup dan sebagainya, maka untuk menjalankan suatu profesi harus terlebih dahulu ada izin khusus.
  • Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu profesi.
  • Memiliki sikap mandiri berdasarkan keyakinan akan kemampuan pribadi sertaterbuka menyimak dan menghargai pendapat orang lain
  • Memiliki sikap berorientasi ke depan sehingga punya kemampuan mengantisipasi perkembangan lingkungan yang terbentang di hadapannya

Ciri-ciri dari seorang profesional dibidang Teknik Industri secara khusus

Secara khusus bidang teknik industri merupakan suatu bidang yang mempelajari semua aspek-aspek yang berkaitan dengan segala hal yang kita alamai dalam kehidupan sehari-hari, karena bidang teknik industri berbeda dengan bidang teknik lainnya. Teknik Industri berkaitan dengan segala hal mengenai perencanaan, pengendalian pengorganisasian, pengolahan, pengaturan dan lain sebagainya berdasarkan aspek-aspek industry.
  Seorang engineering harus memperhatikan etika dalam berprofesi, agar mampu bekerjasama dan bertanggung jawab untuk suatu perkembangan pembangunan. Adapun ciri-ciri seorang professional dalam bidang teknik industri berdasarkan manajemen industri Indonesia yaitu sebagai berikut:
Pasal 1
Agar hasil yang dicapai memuaskan maka dibutuhkan kerjasama dengan mesyarakat luas yang mampu bertanggungjawab
Pasal 2
Harus bersikap disiplin, salingmenghormati, dan menghargai satu sama lain, baik kepada individu yang lebih tinggi profesi atau jabatannya maupun kepada individu yang lebih t=rendah jabatannya dari kita.
Pasal 3
Menciptakan strategi dalam menentukan perbaikan terhadap sistem yang sudah berjalan agar lebih efisien dan efektif.
Pasal 4
Jujur dan tanggungjawab merupakan suatu keharusan agar tidak terjadi peyelewengan profesi atau jabatan dan mencegah kerugian sesame rekan kerja.
Pasal 5
Memiliki sifat bijaksana, mampu bersikap tegas dan adil.

Ciri-ciri lain seorang profesional yang harus dimiliki pada bidang teknik industri yaitu dapat dilihat sebagai berikut:
Mampu melakukan segala tindakan yang berkaitan dengan manusia, mesin , material, energy, dan informasi, contohnya seperti mengoperasikan mesin atau alat-alat yang digunakan pada proses produksi, bertanggungjawab terhadap jalannya produksi, dan lain sebagainya.
Membuat strategi untuk memajukan suatu perusahaan
Mampu memanajemen bisnis dengan baik dengan menggunakan motode-metode yang ada pada tenik industry untuk meminimalisir suatu biaya yang bersangkutan dengan suatu produksi
Memiliki keterampilan dan keahlian disegala bidang


Yang menjadi pertanyaan terbesarnya adalah .....

Apakah seorang engineer perlu menempuh jalan yang lebih sulit demi menjunjung tinggi kepeningan masyarakat dan bukan hanya kepentingan sendiri saja ? Jawabnya “perlu”
karena itulah jalan yang lurus.

Seorang engineer akan dapat bermanfaat sebesar-sebesarnya bagi masyarakat apabila ia mampu menyelaraskan kepentingan pribadinya
dengan kepentingan masyarakat



DAFTAR PUSTAKA



Soal

1. Secara etimologi atau bahasa profesi dari  kata profession yang berarti pekerjaan. Professional artinya orang yang ahli atau tenaga ahli merupakan pendapat John M. Echols dan ?
a. Hassan Shadily                                         c. Vollmer
b. ABET                                                         d. Robert

2. Biasanya profesionalisme dikontraskan dengan ?
a. amatiran                                                      c. expert
b. handal                                                         d. ahli

3. suatu profesi dimana pengetahuan matematika dan ilmu- ilmu alam (natural sciences), yang diperoleh dengan studi, pengalaman  dan latihan, digunakan untuk kesejahteraan manusia merupakan pengertian ?
a. Industri                                                        c. Teknik
b. profesi                                                         d. etika

4. Tidak bersikap egois, tidak mengedepankan kepentingan diri pribadi merupakan salah satu ciri seorang profesional teknik industri yang biasa disebut ?
a. Caring                                                         c. Honestly
b. Selflessness                                                d.Trustworthy

5. Engineer selayaknya menjunjung tinggi integritas pribadi dan bidang keahliannya dengan berlaku tegas dan tegar terutama sekali dalam menegakkan dan menerapkan pengetahuannya ?
a. Caring                                                         c. Honestly
b. Selflessness                                                d.Integrity

Jawaban
1. a
2. a
3. c
4. b
5. d

Tidak ada komentar:

Posting Komentar