Kamis, 28 September 2017

Standar Teknik (MATERI 4)

Standar Teknik (MATERI 4)

      Profesi atau pekerjaan yang baik pastinya harus memiliki karakteristik atau  standar klasifikasi dan spesifikasi yang harus dipenuhi oleh setiap individu dan setiap kelompok untuk menciptakan sesuatu produk atau pelayanan yang sesuai dengan standarnya. Standar teknik merupakan suatu proses untuk menentukan spesifikasi dari suatu produk atau pelayanan, misalnya seperti standarisasi dari bahan baku produk, standarisasi dari proses produksi, dan standar mutu yang harus dipenuhi oleh suatu perusahaan. Standart teknik berupa data spesifikasi yang digunakan sebagai acuan untuk menggambarkan karakteristik teknis dari suatu produk. 

Istilah standard teknik yang digunakan sehubungan dengan lembar data (atau lembar spec). Sebuah lembar data biasanya digunakan untuk komunikasi teknis untuk menggambarkan karakteristik teknis dari suatu item atau menggunakan produk-produk. 


  • ASME (American Society of Mechanical Engineers)

American Society of Mechanical Engineers (ASME) merupakan suatu organisasi yang bekerja untuk melakukan penelitian dan pengembangan suatu produk agar lulus uji atau layak digunakan. Organisasi ASME didirikan untuk meningkatkan standart kompetensi teknis dan kesejahteraan setiap anggota agar menjadi seseorang yang berprofesional terhadap pekerjaannya. Organisasi ASME ini fokus terhadap teknik mesin, jadi untuk meningkatkan standart kompetensi dan kesejahteraan setiap anggotanya melalui suatu program yang berkaitan dengan kualitas dan kegiatan yang dilakukan pada teknik mesin. 
  • ANSI (the American National Standards Institute)

ANSI memiliki kapasitas sebagai administrator dan koordinator sistem standarisasi di USA selama lebih dari 90 tahun. Berdiri sejak tahun 1918, didirikan oleh 5 kelompok engineering dan 3 badan pemerintahan, yang merupakan hasil usaha gabungan dari the American Institute of Electrical Engineers, the American Society of Mechanical Engineers, the American Society of Civil Engineers, the American Institute of Mining and Metallurgical Engineers, the American Society of Testing Materials and U.S Departement o War, Navy and Commerce.



  • ASTM (American Standard Testing and Material)

ASTM merupakan suatu organisasi atau lembaga yang didirikan untuk melakukan kegiatan dalam standard internasional konsesus sukarela. Kegiatan tersebut digunakan untuk meningkatkan kualitas produk dengan melakukan pengujian terhadap material maupun barang setengah jadi atau barang jadi, memperbaiki fasilitas, memberi keamanan, dan meningkatkan kepercayaan konsumen.

  • TEMA (Tubular Exchanger Manufacturers Association)
Tubular Exchanger Manufacturers AssociationI (TEMA) merupakan suatu organisasi yang berinteraksi dengan sejumlah perdagangan dari setiap produsen dan konsumen terbaik dan penukar penukaran panas tabung. Organisasi ini terus merintis penelitian dari awal dan terus mengembangkan penukar panas tabung tersebut selama 6 tahun. Kegiatan penelitian dan pengembangan dilakukan secara progresif dengan membahas perkembangan desain dan manufaktur saat ini.

TEMA adalah organisasi progresif dengan mata ke masa depan. Anggota pasar sadar dan secara aktif terlibat, pertemuan beberapa kali setahun untuk mendiskusikan tren terkini dalam desain dan manufaktur. 

  • JIS (JAPANESE INDUSTRIAL STANDARD)
Japanase Industrial Standard merupakan suatu standard teknik yang digunakan di Jepang. Standard teknik yang digunakan di Jepang ini dikoordinasikan oleh lembaga resmi yaitu Komite Standar Industri jepang melalui Standards Association.

  • DIN ( Deutsches Institut fur Normung)

Deutsches Institut fur Normung merupakan suatu organisasi atau lembaga dari Jerman yang bertugas untuk mengembangkan sistem pelayanan bagi industri-industri diberbagai Negara, selain itu kegiatan DIN juga bertugas untuk mengembangkan pelayanan bagi masyarakat secara keseluruhan, serta mengembangkan standarisasi untuk menghasilkan kesepakatan bersama antar individu maupun kelompok dengan mengambil keputusan bersama.

Didirikan pada 1917 sebagai Deutschen der Normenausschuß Industrie (NADI, “Standardisasi Komite Industri Jerman”), NADI ini berganti nama Deutscher Normenausschuß (DNA, “Komite Standardisasi Jerman”) 

  • API ( American Petroleum Institute )
API atau American Petroleum Institute adalah suatu “Main US trade association ” untuk Industri Oil and Gas yang mewakili sekitar 400 Perusahaan yang tersebar di Production, Refinement and Distribution. Kegiatan yang dilakukan oleh oganisasi ini adalah meningkatkan dan mengembangkan operasi atau kegiatan yang dilakukan oleh seorang profesi agar dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasi pekerja termasuk biaya-biaya yang terkait didalamnya.

Fungsi utama asosiasi atas nama industri termasuk advokasi dan negosiasi dengan lembaga-lembaga pemerintah, hukum, dan peraturan, penelitian dampak ekonomi, toksikologi, dan lingkungan, pembentukan dan sertifikasi standar industri dan penjangkauan pendidikan. API melakukan penelitian yang berkaitan dengan banyak aspek dari industri minyak bumi.

  • BSI (British Standard Institution)

British Standards Institution (BSI) didirikan pada tahun 1901 sebagai Komite Standar Teknik. Piagam Kerajaan diberikan pada tahun 1929, dengan tujuan dan sasaran organisasi termasuk mempromosikan perdagangan  dengan mengembangkan standar industri umum, mengurangi limbah dengan menyederhanakan produksi dan distribusi dan melindungi konsumen melalui penggunaan merek berlisensi untuk mengidentifikasi kesesuaian dengan standar.

British Standards Institution diadopsi sebagai nama organisasi pada tahun 1931. BSI memiliki Memorandum of Understanding dengan Pemerintah Inggris, yang menetapkan posisi BSI sebagai Badan Standar Nasional Inggris yang diakui. Bekerja sebagai bagian integral BSI, British Electrotechnical Committee (BEC) adalah komite nasional IEC untuk Inggris. BSI adalah organisasi distribusi nirlaba dan menawarkan layanan global di bidang standarisasi, penilaian sistem, sertifikasi produk, pelatihan dan layanan konsultasi yang terkait.

  • SNI (STANDAR NASIONAL INDONESIA)
Standard SNI ini cukup dikenal dikalangan masyarakat di Indonesia. Standar SNI merupakan suatu standard yang telah ditetapkan oleh pemerintah untuk suatu produk atau jasa. Standar SNI diberlakukan atau penerapkan untuk suatu kegiatan yang melindungi kepentingan umum, keamanan Negara, perkembangan ekonomi, fungsi-fungsi Negara.

Manfaat kegiatan tersebut dalam menunjang kompetensi di bidang teknik industri

  • Koheren dengan pengembangan standar internasional agar perkembangan pasar negara kita tidak terisolasi dari perkembangan pasar global dan memperlancar perdagangan internasional
  • Berdimensi pembangunan agar memperhatikan kepentingan publik dan kepentingan nasional dalam meningkatkan daya saing perekonomian nasional.
  • advokasi dan negosiasi dengan lembaga-lembaga pemerintah, hukum, dan peraturan, penelitian dampak ekonomi, toksikologi, dan lingkungan, pembentukan dan sertifikasi standar industri dan penjangkauan pendidikan

DAFTAR PUSTAKA



Soal

1.Serangkaian eksplisit persyaratan yang harus dipenuhi oleh bahan, produk, atau layanan adalah pengertian dari ?
a. Standar                                                c. Standar Teknik
b. Teknik                                                   d. Kode etik

2. ASME Merupakan organisasi non profit yang bergerak di bidang standarisasi teknik khususnya bidang teknik mesin yang berasal dari negara ?
a. Amerika                                               c. Rusia
b. Indonesia                                             d. Korea

3. ASME didirikan pada tahun ?
a. 1880                                                   c. 1890
b. 1980                                                 d. 1890

4. ASTM merupakan organisasi yang memiliki kepanjangan ? 
a. Asositation Standard                          c. American Standard Testing and Man
b. Asositation Standard Tes  Material     d.American Standard Testing and Material

5. SNI merupakan standar yang berlaku di negara ?
a. India                                                    c.Amerika  
b.Inggris                                                  d.Indonesia



Jawaban
1. c
2. a
3. a
4. d
5. d

1 komentar: