Minggu, 29 Oktober 2017

Standar Manajemen (MATERI 5)

Standar Manajemen (MATERI 5)

Apa sih standar manajemen ??

        Standar manajemen mutu, ISO 9000, Sistem manajemen produksi TQM dan six sigma merpakan beberapa bagian dari standard manajemen yang ada. Standard manajemen merupakan suatu sistem yang diterapkan dalam menstandarisasikan suatu prosedur kerja, tata cara kerja, sistem pekerjaan, standard mutu atau standard kualitas yang ada pada suatu usaha atau bisnis. Standar manajemen yang baik harus membuat suatu stryktur organisasi yang baik dan terstruktur.

Standar Manajemen Mutu

       Standard manajemen mutu merupakan suatu standard yang digunakan untuk suatu sistem dalam organisasi yang dibentuk oleh suatu usaha, bisnis maupun perusahaan. Standard menejemen mutu berisi persyaratan-persyaratan dalam menerapkan sistem manajemen mutu untuk meningkatkan kualitas dari suatu produk atau jasa yang dihasilkan oleh perusahaan.

ISO 9000

ISO 9000 merupakan standar mutu yang dipakai hampir di seluruh dunia,  standar tersebut menetapkan persyaratan-persyaratan atau kebijakan dan rekomendasi yang mendasar bagi organisasi apapun yang berminat untuk menerapkan standar ini.  ISO 9000 adalah salah satu standard mutu yang sangat penting dalam sistem menejemen mutu dengan mengendalikan langkah-langkah produksi ataupunpelayanan yang diberikan oleh suatu perusahaan dan sejenisnya.

Standar Manajemen Produksi


Standar manajemen produksi merupakan suatu acuan atau pedoman yang digunakan untuk melakasanan proses produksi dan dapat dijadikan sebagai dasar untuk pengambilan keputusan-keputusan. 

TQM (Total Quality Manajement)





Total Quality Management (TQM) merupakan suatu sistem berdasarkan kepuasan customer dengan memperhatikan segala aspek penting didalamnya, seperti kualitas barang atau jasa, tindakan-tindakan, maupun pengendalian kualitas yang baik. Menurut Drs.M.N. Nasution bahwa TQM merupakan suatu bentuk pendekatan yang dilakukan oleh suatu organisasi untuk terus memaksimukan produk, jasa, tenaga kerja maupun proses agar dapat bersaing dengan organisasi lainnya.



TQM mempunyai beberapa tujuan :


  • Tidak terlalu banyak memiliki masalah degan produk atau jasa yang telah diterima
  • Menjamin kepuasan pelanggan
  • Untuk produktivitas dapat meningkat
  • Produk yang mengalamikecacatan dapat berkurang
  • Masalah yang timbul dapat diselesaikan dengan cepat




Six Sigma





Six Sigma merupakan strategi yang memiliki fokus pada peningkatan kepuasan konsumen atau pelanggan, six sigma biasa disebut disiplin ilmu karena mengikuti model formal, yaitu DMAIC ( Define, Measure, Analyze, Improve, Control ). Six sigma dapat  diimplementasikan pada bidang usaha apa saja baik itu manufaktur ataupun non manufaktur mulai dari perencanaan strategi sampai operasional hingga pelayanan pelanggan. Six sigma juga bersifat tidak statis hal ini sangat menguntungkan karena six sigma dapat disesuaikan penggunaannya.

Standar Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Standar Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja ialah bagian dari sistem secara keseluruhan yang mendorong penerapan keselamatan dan kesehatan kerja dengan melaksanakan prosedur yang mengharuskan organisasi secara konsisten mengidentifikasi dan mengendalikan resiko bahaya agar terciptanya tempat kerja yang aman, efisien dan produktif. Standar ini sangat diperlukan karena ini sangat berpengaruh terhadap nyawa seseorang jadi memang harus benar-benar diperhatikan. 


OHSAS 18000

Standard OHSAS 18000 merupakan suatu standarisasi yang membahas mengenai spesifikasi menejemen tentang kesehatan dan keselamatan kerja yang berstandar internasional. Tujuannya yaitu untuk membantu suatu organisasi dalam mengendalikan resiko-resiko yang terjadi dalam kegiatan perusahaan. Standard OHSAS 18000 sangat penting digunakan dalam keselamatan dan kesehatan kerja karena dengan adanya standard tersebuat dapat meningkatkan produktivitas perusahaan yang meningkat dan hasil produksi yang dihasilkan dapat berjalan lancar, serta mencegah karyawan mengalami kecelakaan kecil dalam melakukan aktivotas-aktivitasnya. Komite teknis merupakan komite yang menerbitkan standar OHSAS 18000 yang terdiri dari lembaga sertifikasi, badan standarisasi nasional dan para konsultan. Diantaranya adalah National Standards Authority of Ierland, Standards Australia, South Africa Bureau of Standards, British Standards Intuition, bureau Veritas Quality Assurance, SFS Certification, SGS Yarsley International Certification Service dan lain sebagainya. 


Standar Manajemen Lingkungan

Sistem Manajemen Lingkungan merupakan bagian integral dari sistem manajemen perusahaan secara keseluruhan yang terdiri dari satu set pengaturan- pengaturan secara sistematis yang meliputi struktur organisasi, tanggung jawab,  prosedur, proses, serta upaya mewujudkan kebijakan lingkungan melalui sumber daya yang telah digariskan oleh perusahaan. Sistem manajemen lingkungan memberikan mekanisme untuk mencapai dan menunjukkan performasi lingkungan yang baik, melalui upaya pengendalian dampak lingkungan dari kegiatan, produk dan jasa.

ISO 14000

IStandard menejemen lingkungan diatur oleh standard ISO 14000. Standard ISO 14000 merupakan standarisasi yang digunkan untuk pengolahan terhadap lingkungan disekitar untuk membantu suatu organisasi dalam menjalankan tugasnya mengenai pengawasan lingkungan. Dalan ISO 14000 juga dapat embantu suatu organsasi dalam mencegah suatu kegiatan yang dapat berpengarug negatif pada lingkungan, baik terhadapa aspek tanah, air, maupun udara.


Daftar Pustaka



Soal

1.Prosedur kerja yang digunakan untuk menjamin kesesuaian dari suatu proses dan produk (barang/jasa) merupakan pengertian dari ?
a. Standar manajemen                                      c. Organisasi Profesi
b. Kode etik                                                            d. Standar teknik

2. Organisasi ISO sendiri didirikan pada  ?
a. 23 februari 1947                                             c. 29 februari 1947
b. 24 februari 1947                                                 d. 14 februari 1947

3. Apa kepanjangan dari TQM  ?
a. Total Quality manajer                               c. Total Quality management
b. Total Quality manajerial                                     d. Total Quantitas manajemen

4. Meningkatkan produktivitas kerja, menurunkan biaya, terlaksananya kebijakan dan sasaran perusahaan merupakan tujuan dari 
a. Standar manajemen                                           c. Six sigma
b. TQM                                                                    d.ISO

5. Mempromosikan yang lebih efektif dan efisien dalam pengelolaan lingkungan di organisasi, dan menyediakan alat yang berguna dan bermanfaat bagi manusia dengan biaya yang terjangkau ?
a. Standar manajemen                                           c. Six sigma
b. TQM                                                                     d.ISO 14000

Tidak ada komentar:

Posting Komentar